Minggu, 30 Oktober 2016

PENGERTIAN TEKNOLOGI DIGITAL DAN PENTINGNYA TEKNOLOGI DIGITAL DALAM IT




Hay..Hay… J
Ada yang tau nggak si ya? Apa itu Teknologi Digital ? Serta pentignya teknologi digital dalam IT ? Kalo nggak tau, coba deh baca ini J semoga membantu ya J








PENGERTIAN TEKNOLOGI DIGITAL
Teknologi sendiri berarti sarana yang digunakan sebagai penyedia barang yang digunakan untuk kelangsungan hidup manusia. Secara umum, teknologi  didefinisikan sebagai entitas, benda maupun bukan yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan, dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Digital sendiri berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off danon (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit). Bilangan biner ini yang menjadi tumpuan dari segala perintah-perintah dan menjadi kode dalam istilah sebuah sistem digital. BIT merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner contohnya angka 10010 memiliki panjang 5 bit. Digit biner hampir selalu digunakan sebagai satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputasi dan informasi digital.  Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sitem menghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris. Sebelum terjadi perkembangan dari digital modern, hampir semua sistem menghitung dan komunikasi adalah analog. Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program yang tertentu saja seperti contohnya komputer analog. Komputer-komputer analog pada dasarnya adalah alat ukur. Mereka tanggap didalam mengukur kondsi-kondisi yang terus berubah. Namun meski sangat berguna, semua komputer analog buatan manusia memiliki kelemahan besar yaitu mereka tidak dapat mengukur cukup teliti.. Berbeda dengan komputer analog, komputer digital mampu melakukan pengukuran yang jauh lebih tepat karena komputer tersebut tidak melakukan kesalahan serta cukup teliti dan cepat.  Dengan demikian, sistem digital bersifat kurang rentan terhadap kesalahan apabila dibandingkan dengan sistem analog. Kekebalan semacam inilah yang menjadi alasan utama mengapa banyak aplikasi yang awalnya berbasiskan kepada teknologi analog (seperti misalnya komunikasi telepon, rekaman audio, dan televisi) kini beralih ke teknologi digital.
            Teknologi digital yaitu teknologi yang menggunakan perintah pengkodean biner untuk menghasilkan suatu perintah tertentu yang diinginkan oleh seorang programer digital. Teknologi digital adalah teknologi yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia, atau manual. Tetapi cenderung pada sistem pengoperasian yang otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem penghitung yang sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.Penggunaan sistem digital dalam peralatan modern menunjukkan bahwa di dalam alat tersebut menggunakan banyak perhitungan rumit biner yang ada dalam prosesorna. Dari banyak pengkodean 1 dan 0 mungkin hanya diperoleh satu hasil. Contohnya ketika sebuah telepon genggam untuk mengirimkan pesan. Satu kali tombol pesan ditekan, akan terjadi pengkodean dengan angka 1 dan 0 yang memerintahkan prosesor dari telepon genggam untuk mengirimkan pesan ke nomor tujuan.
Jadi, Teknologi Digital itu teknologi yang menggunakan perintah pengkodean biner untuk menghasilkan suatu perintah tertentu yang diinginkan oleh seorang programer digital. Teknologi digital, adalah teknologi yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia, atau manual. Tetapi cenderung pada sistem pengoperasian yang otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem penghitung yang sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris. Contoh teknologi digital yaitu : pengiraan atau computing ( komputer dan kalkulator), komunikasi (litar elektronik dalam mesin faksimile, sistem radar dan antena,serta penggunaan satelit di angkasa lepas), kawalan automasi (mesin dan robot dalam pembuatan sesuatu produk dan lif), aplikasi handphone (kompilasi beberapa unit yang digunakan untuk mengirim dan menerima sms), aplikasi LCD, telepon seluler, harddisk, flashdisk, microSD, dan cloud storage.


PENTINGNYA TEKNOLOGI DIGITAL DALAM IT
Banyak sekali manfaat penggunaan teknologi digital bagi kehidupan manusia, tapi saya akan jelaskan beberapa saja manfaat Penggunaan Teknologi Digital bagi kehidupan manusia:
1.  Di bidang Pendidikan, karena dengan pendidikan sekarang yang sudah berbasis komputer maka membuat kemudahan dalam mengajar ataupun belajar, seperti belajar dengan internet.  Sedangkan bagi pengajar dapat memanfaatkan teknologi proyektor untuk mempresentasikan bahan ajarnya dan bahan ajar tersebut dapat dibuat semenarik mungkin dan mudah dimengerti dengan mengunakan program komputer seperti power point, photoshop dan sebagainya.
2.  Di bidang Komunikasi, maka memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dimana komunikasi dapat berlangsung dengan cepat, kapan saja dan dimana saja artinya tidak terpengaruh oleh jarak misal melalui telpon seluler, atau komunikasi tatap wajah secara langsung melalui internet seperti melaui YM video call, Webcam, skype dan juga komunikasi melalui email,  jejaring sosial seperti FB, twitter dan lain sebagainya.
3.  Di bidang Advertising, maka pembuatan spanduk, banner, umbul-umbul, biliboard akan lebih mudah dan hasilnya pun lebih bagus. Bentuk manipulasinya bisa berupa penambahan intensitas cahaya pada gambar, sehingga gambar yang ada menjadi lebih terang atau gelap, meningkatkan ketajaman gambar yang kurang fokus, serta memperbaiki warna pada bagian tertentu dari gambar. 
4.  Di bidang Transportasi, membantu sekali dari segi transportasi seperti pesawat terbang ataupun menara kontrolnya yang dengan teknologi digital membantu komunikasi antara menara kontrol dan pilot pesawat agar pesawat dapat terbang dalam keadaan aman.
 5.  Di bidang Pengarsipan, membuat arsip secara elektronik dimana arsip secara elektronik ini dapat diakses oleh siapa saja dan juga dengan arsip elektronik ini mengurangi resiko kerusakan pada arsip-arsip karena arsip-arsip tersebut rata-rata umurnya sudah tua dan sangat rapuh sekali jadi jika sering dibuka kemungkinan akan lebih cepat rusak padahal arsip-arsip tersebut merupakan bukti historis sejarah kita yang harus dipertahankan.
6.  Di bidang Media, hadirnya media-media online maka informasi atau berita semakin mudah diperoleh dan tak terbatas jumlahnya. Kalau dulu kita hanya disajikan informasi atau berita dalam bentuk tulisan dari media cetak seperti koran atau majalah tapi sekarang kita dapat mencari informasi atau berita tersebut dari internet, karena media seperti koran,majalah sekarang tesedia dalam bentuk online.
7.  Di bidang pertelevisian, memiliki keunggulandalam hal kualitas gambar/suara, penghematan yang luar biasa dalam hal lebar bandwidth sinyal siaran, lebih banyak channel yang bisa ditawarkan ke pemirsa.
Sedangkan manfaat penggunaan teknologi digital bagi pihakstasiun pemancar atau stasiun televisi adalah bisa menggunakan beberapa sinyal dalam satu lebar gelombang yang sama, memungkinkan untuk melakukan siaran atau menambahkan informasi tambahan dalam sinyal televisi digital. Untuk penggunatelevisi kabel/satelit, bisa memanfaatkannya untuk melihat jadwal atau informasi tambahan dalam bentuk teks dalam sebuah program/channel tertentu.  Dan juga dengan teknologi digital maka kita mengalami kemudahan untuk mendapatkan informasi atau peristiwa hangat yang terjadi dari seluruh dunia yang dapat disiarkan secara langsung oleh stasiun tv.
8. Di bidang Pemerintahan, seperti penggunaan intranet dan internet yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis dan kegiatan lainnya, karena sistem pemerintahan yang baik adalah yang memenuhi tuntutan masyarakatnya. Hal ini memicu Penciptaan alat-alat yang mendukung perkembangan teknologi informasi guna tercapainya keterpaduan sistem penyelenggaraan Pemerintah.
9. Di bidang Keuangan dan Perbankan, diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Oleh karenanya di bidang ini dibutuhkan teknologi informasi yang handal yang dapat diakses oleh nasabahnya. Hal inilah yang memicu perkembangan teknologi untuk lebih canggih lagi guna menunjang keberhasilan sebuah lembaga keuangan/ Perbankan tersebut.
10. Di bidang Fotografi, Musik, dan sebagainya, Kamera digital sudah diperkenalkan dalam bidang potret-memotret (fotografi) sebagai bagian dari teknologi digital. Kamera digital malah lebih diminati daripada kamera yang dulu dipakai di generasi sebelum kamera digital. Kemudahan yang diberikan membuat dunia fotografi semakin maju. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan kamera digital pun lebih bagus daripada kamera generasi sebelumnya. Apabila tidak puas dengan hasil yang kita dapatkan dari kamera digital, tenang saja, masih ada software pendukung yang bisa digunakan untuk ‘memoles’ foto yang didapat. Banyak pilihan lain, seperti misalnya Adobe Photoshop yang sangat populer dan juga Instragam yang bahkan bisa langsung dibagikan ke dalam media social, dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, pemanfaatan teknologi digital sudah mendorong berbagai kaum, khususnya kaum muda, untuk terjun ke dunia fotografi dan memajukannya. Lihat sendiri karya-karya fotografer Indonesia di pameran foto atau pun di internet, luar biasa! Pemanfaatan teknologi digital dengan baik bisa menghasilkan keuntungan di dunia fotografi. Sudah banyak orang yang meraih keuntungan di bidang fotografi dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada.
  


SUMBER


2 komentar: